Kamis, 26 Maret 2015

Cara Membuat Batik Gonggong

Cara Membuat Batik Gonggong – Cara Membuat Batik Gonggong


Gonggong atau (Strombus Turturella) merupakan salah satu jenis siput laut yang banyak terdapat di sekitar perairan Pulau Bintan Kepri. Gonggong merupakan makanan kuliner khas Kota Tanjungpinang. Dan itu merupakan salah satunya dari sekian banyak makanan khas yang ada di Tanjungpinang, itulah sekelumit tentang gonggong.


Nah, selain makanan gonggong juga menjadi inspirasi bagi pengusaha untuk melahirkan batik bercorak gonggong. Dan sekarang batik gonggong telah menjadi oleh-oleh khas Tanjungpinang. Menurut Onny Kay, pemilik Selaras Group yang merupakan Produsen Batik Gonggong, sejak diluncurkan beberapa tahun lalu, batik gonggong sangat diminati oleh masyarakat luas, seperti dari Jakarta, Surabaya, Bogor, Batam, Pekanbaru, dan daerah lainnya.


“Batik gonggong merupakan hasil dari ide salah seorang seniman Kota Tanjungpinang bapak Efiyar M Amin. Beliaulah yang mempunyai gagasan dan ide untuk membuat batik gonggong, dan sebagai ciri khas Tanjungpinang” ujar pria kelahiran Tarempa ini.


Onny menceritakan, ide membuat batik gonggong terinspirasi oleh banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kota Gurindam dan daerah Bintan yang terlebih dahulu menyinggahi Tanjungpinang. Begitu juga saat akan kembali meraka akan singgah terlebih dahulu ke sini sehingga tercetus untuk membuat motif batik gonggong yang merupakan salah satu ciri khas Tanjungpinang untuk buah tangan atau cenderamata.


“Saat merintis batik gonggong yang dimulai dengan membentuk desain awal sebuah duplikasi gonggong kemudian membuat cap dan dilanjutkan dengan belajar membatik. Dan itu memekan waktu yang sangat panjang. Setelah mendapatkan batik gonggong dengan corak dan warna yang inginkan pada 2 Mei 2010 lalu dibukalah toko “SELARAS” sebagai produsen batik gonggong yang beralamat di Jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang,” ceritanya.

Karena ia bisa memadukan dua hal yang fenomenal mejadi sesuatu yang baru dan unik. Apa itu?. Batik Gonggong! Ya menurut penulis batik gonggong sangat unik. Motif cangkang siput gonggong yang dipadukan dengan pakaian batik menjadikan ciri khas yang menarik. Penuh dengan makna implisit di balik kemasannya. Selain itu batik gonggong juga menambah khasanah kebudayaan Indonesia. Siapa aktor di balik semua ini? Mari kita ikuti pengenalan singkat ini:


Mengutip dari Tanjungpinang Pos(net), Onny Kay, pemilik Selaras Group (Produsen Batik Gonggong) lahir di Tarempa. Menamatkan kuliah di Institut Kesenian Jakarta. Ia mengawali karir sebagai guru musik di Tanjunpinang. Ide pertama muncul dari Efiyar M. Amin, sahabat Onny mengangkat motif gonggong sebagai motif batik sebagai salah satu ciri khas Tanjungpinang .


Cara Membuat Batik Gonggong



Cara Membuat Batik Gonggong

#Batik, #Cara, #Gonggong, #Membuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar