Selasa, 31 Maret 2015

Teknik Pembuatan Batik Aceh

Teknik Pembuatan Batik Aceh

Walaupun tradisi membatik bukanlah tradisi masyarakat Aceh, ternyata di bumi Serambi Mekkah ini juga memiliki kerajinan batik dengan beragam motif khasnya. Sudah sejak ratusan tahun lalu masyarakat Aceh memakai kain batik, ketika datangnya orang-orang dari pulau Jawa ke Aceh. Tak ada kepastian tahun dan catatan sejarah yang menjelaskan mengenai kedatangan orang Jawa ke Aceh.

Motif Batik Aceh terlihat unik dan khas karena menggunakan unsur alam dan budaya Aceh dalam paduan warnanya. Warna yang digunakan pada Batik Aceh lebih dominan pada warna-warna yang cerah seperti merah, hijau, kuning, merah muda, dan lain sebagainya. Keberanian memainkan warna itulah yang memberikan kesan unik dan glamor.

Jarang sekali penggunaan motif binatang pada Batik Aceh, hal tersebut dikarenakan larangan syariat Islam untuk menggambarkan makhluk bernyawa dalam pembuatan kain batik. Pengaruh Islam yang kuat pun tercermin pada bentuk sulur, melingkar, dan garis pada tiap motif.

Bisa dua sampai tiga bulan lamanya untuk membuat satu lembar kain batik. Tetapi sejak ada teknik membatik yang lain (cap, printing, painting, bahkan sablon), pembuatan batik bisa dua sampai tiga hari saja. Kebanyakan Batik Aceh diproduksi bukan melalui tangan-tangan trampil membatik orang Aceh tetapi dari mesin-mesin pencetak batik (bisa cap bisa printing).

Pasca Aceh terkena musibah tsunami, Batik Aceh mulai gencar mendapat pembinaan dari pemerintah terutamanya melalui Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Sehingga di beberapa tempat di Aceh, seperti Banda Aceh dan Lhokseumawe terdapat sentra pembuatan Batik Aceh. Untuk melatih para pengrajin batik lokal sengaja didatangkan pelatih dari Jawa. Batik Aceh dapat kita temukan di sentra batik di Desa Meunasah Manyang, Kabupaten Aceh Besar.

Peran Pemerintah setempat untuk melestarikan Batik Aceh nampak pada anjuran kepada pegawai pemerintahan untuk memakai batik Aceh saat bekerja.

Dengan adanya Batik Aceh, maka khazanah perbatikan di Indonesia akan semakin kaya dan beragam. Corak, perpaduan warna hingga motif yang dihasilkan berbeda-beda tiap daerah, seolah tidak ingin meninggalkan ciri khas lokal.


Teknik Pembuatan Batik Aceh,Batik Aceh,Batik Indonesia



Teknik Pembuatan Batik Aceh

#BatikAceh, #BatikIndonesia, #TeknikPembuatanBatikAceh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar