Minggu, 12 April 2015

Teknik Pembuatan Batik China

Teknik Pembuatan Batik China


Ada Cerita yang menarik bagaimana Batik pertama kali ditemukan di provinsi Guizhou(guì zh?u sh?ng Cerita bermula dari seorang gadis yang tinggal di sebuah perdesaan berbatu yang bernama Anshun

sekarang kota ini berubah nama menjadi provinsi Guizhou. Gadis menggemari Pencelupan berwarna putih, biru dan juga ungu. Pada suatu hari, ketika sedang bekerja, tiba-tiba seekor lebah menempel pada baju nya. Setelah mengusir lebah itu, dia menemukan ada bercak putih pada baju nya dan terlihat sangat cantik. Kemudian dia mempunyai akal untuk menggunakan lilin pada pencelupannya.


Seiring berjalannya waktu pada masa dinasti Han, pembuatan batik telah menjadi sangat alami. Masuknya dinasti Xi Jin, berbagai ragam warna pada batik yang dapat di produksi. Di Masa dinasti Tang, Kerajinan Batik sangat populer. Pembuatan batik telah berjalan dari generasi ke generasi dari wilayah kecil di provinsi Guizhou dan sudah menyebar luas ke beberapa wilayah yang berbeda.


Teknik dari seni lukis dapat diterapkan untuk menciptakan batik yang indah dan berbeda dengan batik pada umumnya. Prosesnya pun cukup sederhana sebagaimana halnya tahapan melukis. Dengan adanya kreasi seni melukis pada batik ini otomatis semakin menambah unsur perbatikan Indonesia yang kian dikagumi bangsa lain. Secara detail step membuat batik lukis adalah sebagai berikut.


Kain: bahan bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat batik adalah kain-kain yang terbuat dari serat alami atau nabati, seperti kapas, linen dan sutra.

Arang atau pensil: digunakan untuk membuat sketsa awal.

Wax : dapat menggunakan lilin atau lilin lebah.

Alat-alat untuk merebus: untuk mencairkan lilin.

Pisau kuningan: untuk mengisi desain dengan meraup lelehan lilin

Air dingin: untuk mewarnai dan memperbaiki lilin.


pola desain Batik tidaklah selalu bergantung pada detail. Variasi yang jelas dan sangat banyak itulah yang diterapkan. Variasi dan berlebihan tidaklah sederhana melainkan dengan imajinasi yang luas dan penuh pesona.Desain Batik sangatlah beraneka ragam dan penuh warna. Sebagian besar dari mereka diambil dari kisah kehidupan nyata atau cerita yang merupakan khas budaya tradisional.


Teknik Pembuatan Batik China,Batik China,Batik Indonesia



Teknik Pembuatan Batik China

#BatikChina, #BatikIndonesia, #TeknikPembuatanBatikChina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar