Jumat, 20 Maret 2015

Cara Membuat Batik Rokok

Cara Membuat Batik Rokok – Cara Membuat Batik Rokok


Selain batik lasem, juga ada kerajinan kuningan khas lasem yang terletak di desa Jolotudo, juga Bangunan klenteng tua Gie Yong Bio yang dibangun pada tahun 1700an, serta deretan rumah-rumah berarsitektur Cina, menjadi saksi bagaimana budaya Tionghoa melebur dengan apik di kota yang juga terkenal dengan kota santri ini. Hal itu bahkan menjadikannya seperti negeri Tiongkok kecil, yang ikut menambah semakin eloknya kota kecil ini.

Tapi mengapa harus dinamakan kopi lelet? Ternyata ceritanya juga tidak jauh dari batik yang sepertinya sudah mendarah daging. Masyarakat di sini ngopi sambil membatik. Bukan menorehkan motif di sehelai kain, tapi melukiskan motif pada batang rokok. Menggunakan ampas kopi untuk ditorehkan atau dalam bahasa jawa ‘dileletke’, dari kata dasar lelet.

Mencari warung yang menyajikan Cethe’ tidaklah sulit disini. Hampir semua kampung memiliki tiga bahkan sampai enam warung yang menawarkan Cethe’ dengan berbagai variasi rasa, aroma, dan keindahannya.

Cethe’ sebenarnya adalah ampas dari kopi hitam yang secara khusus diracik oleh para pemilik warung. Perbedaan teksture, rasa, aroma, dan juga warna Cethe sangat dipengaruhi oleh campuran kopi dan bahan campuran pembuat kopi yang lain seperti kacang ijo, kelapa, dan juga beras.

Secara umum ada dua jenis Cethe yang paling disukai para Cethe lovers di Tulungagung yaitu Cethe kopi ijo, dan Cethe kopi hitam. Cethe kopi hijau dihasilkan dari endapan kopi yang telah dicampur dengan kacang hijau. Aroma khas kacang hijau sangat terasa dari Cethe jenis ini. Saat digunakan sebagai “tinta” untuk membatik rokok, cether jenis ini cenderung mudah pecah saat mengering, karena itu penggunaan sedikit susu menjadi pilihan untuk membuat hasil akhir batik pada rokok tidak gampang pecah saat kering.

Tidak seperti Cethe hijau, Cethe hitam lebih rekat dan solid saat digoreskan diatas kanvas rokok. Teksturnya yang sedikit labih lembut membuat hasil akhir dari batik rokok dengan Cethe hitam terkesan lebih halus. Namun, soal aroma sepertinya Cethe hitam tidak seharum Cethe hijau. Ketika cethe mengering dan rokok ulai dibakar, Aroma rokok yang telah di batik dengan cether hijau akan lebih beraroma harum dan ringan. Bau rokok yang biasanya apek dan kurang disukai langsung disulap menjadi aroma harum menggugah selera laksana parfum kelas dunia.

Ingin tau hasil Batik rokok ala seniman warung kopi Tulungagung? ini beberapa gambar yang bisa anda lihat dan monggo dicoba.


Cara Membuat Batik Rokok



Cara Membuat Batik Rokok

#Batik, #Cara, #Membuat, #Rokok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar