Jumat, 27 Maret 2015

Sejarah Batik Bogor

sejarah batik bogor


Batik Bogor Tradisiku didirikan pada tanggal 13 Januari 2008 atas prakarsa Siswaya. Pria yang dilahirkan di Sleman-Yogyakarta ini telah melanglangbuana di Bogor selama lebih dari 28 tahun, sehingga tumbuh rasa kecintaannya terhadap kota yang kerap dijuluki sebagai Kota Hujan ini dengan memberikan sesuatu untuk mengharumkan Kota Bogor.


Gagasannya membuat Batik Bogor Tradisiku yang mengambil ikon-ikon khas Kota Bogor ini bertujuan untuk melestarikan budaya batik dan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat Bogor terhadap Batik Bogor serta membawa nama harum Kota Bogor ke seluruh penjuru

Motif-motif batik Bogor terinspirasi dari peninggalan kerajaan Pakuan, benda-benda sejarah, fenomena alam, dan kebudayaan. Salah satu motif yang terkenal adalah motif Kujang Kijang. Motif ini mengandung dua ikon kota Bogor, yaitu Kujang dan Kijang. Kujang merupakan senjata tradisional khas Sunda, sedangkan kijang merupakan hewan yang berada di Istana Bogor.

Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluaga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.

Kota Bogor mungkin lebih terkenal dengan wisata kulinernya, namun kota yang dijuluki sebagai kota Hujan ini ternyata memiliki ciri khas lain yang perlu diperkenalkan lebih luas, yaitu Batik Khas Bogor. Meski belum sepopuler batik dari Solo atau Yogyakarta, Batik Bogor memiliki motif yang tidak kalah indah. Batik Bogor ini sekilas terlihat tidak ada bedanya dengan batik lainnya, karena teknik pewarnaan dan pembuatannya memang tidak jauh berbeda dengan batik yang lainnya. “Batik Bogor memiliki ciri khas pada motifnya, yang berupa motif kepala kijang dan teratai,” ujar Ian Herdian, seorang pembuat Batik Khas Bogor.


Selain motif kijang dan teratai, Batik Bogor juga mempunyai motif unik lainnya seperti motif pisau kujang dan hujan gerimis. Motif Batik Bogor yang diaplikasikan dalam goresan batik merupakan sebagian besar simbol dari Kota Bogor itu sendiri. Motif kepala kijang merupakan cermin Istana Bogor, motif teratai menjadi simbol Kebun Raya Bogor, pisau kujang sebagai lambang kota Bogor dan motif hujan gerimis sebagai sebutan kota Bogor.


Sejarah Batik Bogor,Batik Bogor,Batik Indonesia



Sejarah Batik Bogor

#BatikBogor, #BatikIndonesia, #SejarahBatikBogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar