Sabtu, 19 September 2015

Beli Batik Yogyakarta Online Batik

Hubungi 0812 8110 6669 Batik Nulaba. Beli Batik Yogyakarta Online Batik.Toko bbaju batik yang komplit dengan harga yang terjangkau.Mau?


Beli Batik Yogyakarta Online Batik


Beli Batik Yogyakarta Online Batik.


Batik Jawa memiliki pamor yang tinggi, dibanding dengan batik daerah lain. Padahal setiap daerah di Indonesia memiliki motif batiknya sendiri. Banyaknya motif merupakan simbol dari kekayaan budaya Indonesia. Selain itu motif batik memiliki makna yang tersirat di dalamnya. Motif batik Jawa merupakan motif yang sangat identik dengan batik Yogyakarta dan batik Solo. Padahal di Jawa Tengah, sentra batik dapat ditemukan di tiap daerah, dengan warna dan motif yang berbeda-beda. Meski ciri khusus batik yang ada di Jawa, kebanyakan terpengaruh oleh motif batik Keraton. Apalagi dalam sejarahnya, kesenian batik merupakan kesenian yang hanya dilakukan oleh para penghuni istana. Hasilnya pun dikenakan oleh para puteri, Raja, dan abdi dalam. Namun setelah permintaan akan batik meningkat, kesenian batik dikembangkan oleh para saudagar, dan tersebar luas ke berbagai daerah di Jawa.


Secara umum ada ciri khusus pada batik Jawa, terutama batik Keraton seperti batik Solo dan batik Yogyakarta. Ciri khas batik Keraton yaitu penggunaan soga, sehingga membuat kain batik berwarna kecoklatan. Batik Keraton pada jaman dahulu dekat dengan kekuasaan, karena motif batik merupakan simbol kekuasaaan. Seperti motif Parang Rusak yang dahulu hanya boleh dikenakan oleh orang-orang tertentu saja. Motif Parang merupakan motif batik Jogja asli, yang paling terkenal yaitu Parang Rusak dan Parang Kusumo. Selain batik Keraton, sentra batik juga dapat ditemukan di Banyumas, Pekalongan, ataupun Pati, dan masih banyak lainnya. Misalnya batik Banyumasan yang sedikit banyak terpengaruh dengan batik Keraton. Batik Banyumasan menggunakan warna hitam, dan soga (coklat). Di Banyumas sendiri sentra batik yang paling terkenal ada 2 yaitu Mruyung, dan Sokaraja.


Sedangkan di utara Jawa, terdapat batik Pekalongan, Semarang, dan Pati. Ketiganya memiliki ciri khas yang berbeda. Misalnya batik asal Pati dikenal juga dengan nama batik Kobar. Batik ini terpengaruh oleh batik pesisir dan batik pedalaman. Motifnya menggambarkan aktivitas masyarakat di sana. Sedangkan batik Semarangan kini sedang menggeliat setelah pada awal tahun 1990 meredup. Motif batik Jawa Tengah memang beraneka ragam, batik-batik tersebut mencerminkan budaya dan watak masyarakat. Di Jawa Tengah sendiri, pernah ada batik tiga negeri, batik yang lahir pada jaman penjajahan Belanda. Pembuatannya dilakukan di tga kota, yaitu Lasem, Solo, dan Pekalongan. Pembuatannya yang dilakukan di tiga tempat tersebut yang membuat batik tiga negeri ini unik. Misalnya pewarnaan merah dilakukan di Lasem, biru di Pekalongan, dan coklat menggunakan soga Solo. Konon pewarnaan batik di tempat yang berbeda akan menghasilkan hasil batik yang berbeda. Nah itulah beberapa motif batik Jawa yang bisa anda ketahui dan makna yang terkandung di dalam motif batik.



Beli Batik Yogyakarta Online Batik

#BeliBatik, #YogyakartaOnlineBatik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar