Senin, 21 September 2015

Beli Canting Batik Koleksi Batik Pekalongan

Hubungi 0812 8110 6669 Batik Nulaba. Beli Canting Batik Koleksi Batik Pekalongan.Toko baju batik dengan harg ayang terjangkau.Mau?


Beli Canting Batik Koleksi Batik Pekalongan


Beli Canting Batik Koleksi Batik Pekalongan.


Sampai saat ini proses pembuatan batik dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu batik tulis, cap, dan print.  Saat ini batik print lebih sering disebut kain bermotif batik oleh para seniman dan pengrajin batik. Dalam pembuatan batik print dianggap produk massal dan proses yang dilakukan sangat minim.  Pada proses pembuatan batik tulis dan cap dianggap masih orisinal karena penggunaan lilin atau malam sebagai media perintang warna, hingga hampir seluruh prosesnya dengan manual oleh tangan manusia.


Secara umum proses pembuatan batik melalui 3 tahapan yaitu :


  1. Pemberian malam(lilin) pada kain,

  2. Pewarnaan,

  3. Pelepasan lilin dari kain.

Kain putih yang akan dibatik dapat diberi warna dasar sesuai selera kita atau tetap berwarna putih sebelum kemudian di beri malam.  Proses pemberian malam ini dapat menggunakan canting tangan termasuk dalam proses batik tulis atau dengan proses cap.   Pada bagian kain yang diberi malam untuk menghalangi proses pewarnaan pada batik karena malam tidak dapat masuk meresap pada kain (wax resist).  Setelah diberi malam, batik dicelup dengan warna.  Proses pewarnaan ini dapat dilakukan beberapa kali sesuai keperluan dan berapa warna yang diinginkan.


Setelah proses pewarnaan dan pemberian malam selesai dilakukan kemudian malam dilunturkan dengan proses pemanasan.  Batik yang telah diproses diatas direbus hingga malam menjadi leleh dan terlepas dari kain dan larut dalam air.  Proses perebusan ini dilakukan dua kali, yang terakhir dengan larutan soda ash untuk mematikan warna yang menempel pada batik, dan menghindari kelunturan.  Setelah perebusan selesai, batik direndam air dingin dan dijemur.



Beli Canting Batik Koleksi Batik Pekalongan

#BeliCantingBatik, #KoleksiBatik, #Pekalongan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar