Sabtu, 12 September 2015

Beli Tiket Batik Air Kaos Batik Pekalongan

Hubungi 0812 8110 6669 Batik Nulaba. Beli Tiket Batik Air Kaos Batik Pekalongan.Toko baju batik dengan harga terjangkau.Mau?


Beli Tiket Batik Air Kaos Batik Pekalongan


Beli Tiket Batik Air Kaos Batik Pekalongan.


Bahan utama bagiteknik membatik sekarang ini adalah kain putih, baik yang halus ataupun yangkasar, dan lilin/malam sebagai bahan penutup serta zat warna. Kulitas kainputih sangat mempengaruhi hasil seni batik, dalam bab mengenai sejarah batiktelah dikemukakan bahwa kehalusan kain putih yang di impor dari luar negerimerupakan salah satu sebab bertambah tingginya seni batik. Jadi makin haluskain putih yang dipakai makin bagus hasil pembatikan , makin jelas terlihatpola-pola serta pembagian warna-warnanya. Bahan lain seperti sutera shantungdapat pula dipakai, tetapi sekarang ini sudah jarang sekali. Kota Juwana dipantai utara pulau Jawa dahulu termashur akan selendang serta sarung batik suteranya.Hasil-hasil batik sutera “diekspor” ke pulau Bali dan Sumatera. Sayang sekalikekurangan bahan sutera shantung murni menyebabkan hilangnya kerajinan di kotatersebut.


Kalau dahulu dipakaililin/malam lebah sebagai satu-satunya bahan penutup, maka dengan adanyaindustri serta pertambangan minyak tanah dewasa ini banyak dipakai lilin/malambuatan pabrik (paraffine, microwax, dll), baik murni atau dicampur dengan lilinalam. Lilin/malam memang merupakan bahan penutup yang tepat bagi teknik karenamudah dituliskan pada kain, tetap melekat sewaktu dicelupkan dalam cairanwarna, dan mudah pula dihilangkan apabila tak dipergunakan lagi. Di sampinglilin/malam lebah atau buatan, dahulu juga dipakai bahan penutup lain yaitububur beras ketan, seperti pada kain Simbut Jawa Barat.


Lilin/malam penutuphanya dapat dituliskan dalam bentuk cair; oleh karena itu pembatik harusmemanaskan lilin/malamnya dalam sebuah wajan kecil yang ditaruh di atas apidalam suatu anglo. Suhu lilin/malam haruslah tepat, tidak boleh terlalu panasatau terlalu dingin. Kalau terlalu panas, lilin/malam akan jauh meresap kedalam kain, sehingga kemudian sukar untuk dibuang, sedangkan kalau tidak cukuppanasnya akan terlalu kental sehingga sukar keluar dari alat penulis. Olehkarena itu kita lihat pembatik mengangkat wajannya dari api kalau dilihatnyabahwa lilin/malamnya sudah terlalu panas.


Lilin/malam cairdituliskan pada kain putih dengan suatu alat yang menjadi tanda khas seni batiktulis, yaitu canting cucuk. Canting terbuat dari bambu dan tembaga. Gagang atautempat memegang terbuat dari bambu sedangkan kepalanya yang dipakai untukmenyendok serta mencucurkan lilin/malam terbuat dari tembaga. Mulut cantingberupa pembuluh bengkok yang besarnya berbeda-beda dan dari mulut ini melelehlahcairan lilin/malam, dapat diumpamakan dengan sebuah pulpen. Kain putih yangdilampirkan pada sebuah gawangan bambu atau kayu dipegang dengan tangan kirisebagai tatakan, sedangkan tangan kanan memegang canting.


Nah itulah beberapa haltentang membuat batik. Semoga dengan pengetahuan tersebut kita bisa lebihmenghargai seni batik tradisional kita.


 



Beli Tiket Batik Air Kaos Batik Pekalongan

#AirKaosBatik, #BeliTiketBatik, #Pekalongan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar