Sabtu, 18 April 2015

Cara Merawat Batik Cirebon

Cara Merawat Batik Cirebon


tulis asli pasti harganya cukup mahal. Makanya, jangan sampai koleksi batik cirebon tulis Anda rusak akibat cara mencuci yang salah.Banyak orang yang serba salah saat harus mencuci batik cirebon. Mau dicuci takut rusak, kalau tak dicuci jadi kotor Sebagai pecinta batik cirebon , Iwet mengungkapkan bahwa kain batik cirebon khususnya batik cirebon tulis harus dirawat dengan cara khusus. Antara lain dengan mencucinya memakai buah lerak


Saat mencucinya, gunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yang banyak dijual di pasaran. Atau, cuci baju batik dengan sampo rambut. Sebelumnya, larutkan sampo di air sampai tak ada bagian yang mengental. Lalu, celupkan design batik.

Mencuci model batik juga bisa dengan menggunakan buah lerak atau daun tanaman dilem yang sudah diredam air hangat. Caranya, remas-remas buah lerak atau daun dilem sampai mengeluarkan busa lalu tambahkan air secukupnya, dan siap untuk mencuci batik. Aroma buah lerak mampu mencegah munculnya hewan kecil yang bisa merusak model baju batik.

Cuci batik dengan menggunakan buah lerak atau deterjen khusus pencuci batik. Sebaiknya jangan menggunakan deterjen pakaian biasa, karena bisa membuat batik rusak dan sedikit memudar warnanya. Untuk hasil maksimal, sebaiknya cuci dengan air hangat.

Ketika mencucinya, jangan menggunakan mesin cuci. Akan lebih baik jika Anda mencucinya dengan menggunakan tangan.


Setelah merendam batik sebentar, kucek perlahan agar kotoran terangkat semua. Ingat, jangan sesekali menyikat batik, karena akan merusak kain, warna, dan motif batik cirebon. Sikatan yang terlalu keras akan berpotensi merobek kain.

Saat akan menjemur, jangan memeras batik cirebon, karena akan membuat kain jadi kusut.


Gantung dengan gantungan yang tebal agar tidak meninggalkan bekas lipatan di kain setelah kering. “Anda bisa juga menjemurnya di sebilah bambu yang diameternya besar. Selain agar tidak meninggalkan bekas liputan, penjemuran menggunakan jemuran berdiameter besar ini agar antar helaian tidak menempel dan luntur,” katanya.


Sebaiknya jangan menjemurnya langsung di bawah terik matahari. Sebaliknya, angin-anginkan saja kain ini di bawah tempat teduh.


Setelah kering, setrika dengan menggunakan panas yang rendah. Alasi dengan menggunakan kain yang tipis, agar setrika tak langsung menempel pada kain batik cirebon.Saat mencuci desain baju batik, jangan pakai deterjen dan jangan digosok. Jika batik tak terlalu kotor, cukup rendam di air hangat. Tapi jika benar-benar kotor, misalnya terkena noda makanan, bisa dihilangkan dengan sabun mandi atau kulit jeruk. Caranya, cukup dengan mengusapkan sabun mandi atau kulit jeruk di bagian yang kotor tadi.


Cara Merawat Batik Cirebon,Merawat Batik Cirebon,Batik Indonesia



Cara Merawat Batik Cirebon

#BatikIndonesia, #CaraMerawatBatikCirebon, #MerawatBatikCirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar