Jumat, 17 April 2015

Sejarah Batik Hingga Sekarang

Sejarah batik hingga sekarang


Dalam mempelajari batik Pekalongan, kita tidak bisa terlepas dari sejarah batik daerah lain. Sebagai sebuah kebudayaan, batik Pekalongan tidak berdiri sendiri tetapi selalu berhubungan dengan batik daerah lain.


Mengungkapkan hasil penelitian tentang asal-usul batik Indonesia sebagai berikut :

Dari buku Bunga Rampai Sejarah Budaya Indonesia karangan Prof.Dr.R.M. Sutjipto Wirjosuparto mengatakan bahwa ;


Bangsa indonesia sebelum bertemu dengan kebudayaan India telah mengenal aturan-aturan untuk menysun syair, mengenal teknik untuk membuat kain batik, mengenal industri logam,

Sejarah batik di Nusantara sudah dimulai jauh sebelum kata “Indonesia” sendiri tercipta. Budaya teknik cetak motif batik tutup celup dengan menggunakan malam dari sarang lebah di atas kain sebenarnya tidak eksklusif terdapat di Indonesia,


melainkan terbentang dari Mesir hingga kawasan Timur Tengah lainnya.Teknik ini juga dapat dijumpai di Turki, India, Cina, Jepang dan Afrika. Namun tidak ada satu tempat pun di dunia ini yang mengembangkan teknologi dan motif batik sedemikian


kompleks dan kaya seperti di Indonesia (terutama Jawa).Teori mengenai asal-muasal batik telah menjadi perbincangan yang cukup pelik. G.P. Rouffaer, ilmuwan Belanda yang meneliti soal batik mengatakan, teknik ini dibawa pertama kali dari daerah India Selatan. Ada lagi pendapat dari J.L.A Brandes yang mengatakan bahwa sebenarnya sebelum ada pengaruh India datang ke Indonesia, Nusantara telah memiliki 10 unsur kebudayaan asli yaitu, wayang, gamelan, puisi, pengecoran logam mata uang, pelayaran, ilmu falak, budidaya padi, irigasi, pemerintahan, serta batik.


Dari semua tinjauan literatur ini cukup terlihat bahwa teknik merintang warna dengan menggunakan malam ini memang berkembang dan maju di tanah Jawa, terutama Jawa Tengah. Perkara kemudian seluruh daerah di Nusantara memiliki batik sudah jelas akibat proses bergeraknya manusia dan bergeraknya kebudayaan yang ada bersama manusia-manusia tersebut.

Dan teknik ini kemudian juga berkembang, mengikuti proses asimilasi budaya orang-orangnya. Dan inilah yang kemudian membuat batik menjadi begitu kaya dan beragam.

Dari timur ke barat, dari utara ke selatan, hampir semua daerah di pulau Jawa memiliki batiknya sendiri-sendiri. Bicara batik Jogja dan Solo, maka kita akan bicara sedikit tentang sejarah kerajaan Mataram Islam. Sebuah buntut dari kedigdayaan kerajaan Nusantara yang begitu berjaya pada masanya.


Sejarah Batik Hingga Sekarang,Batik Hingga Sekarang,Batik Indonesia



Sejarah Batik Hingga Sekarang

#BatikHinggaSekarang, #BatikIndonesia, #SejarahBatikHinggaSekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar