Selasa, 14 April 2015

Cara Membuat Anyaman Batik

Cara Membuat Anyaman Batik – Cara Membuat Anyaman Aksesoris Batik


Batik bisa dikreasikan menjadi banyak barang dan aksesori. Tidak hanya dijadikan baju, batik juga bisa dibuat menjadi aneka aksesori yang cantik dan bisa menambah pesona Anda. Jangan beranggapan kalau memakai batik itu ‘tua’ atau tidak fashionable. Justru bila kita menggunakan batik yang dengan motif dan desain yang bagus, akan menambah pesona kita lho!

Selain baju berupa dress, rok, atasan dan beberapa kreasi baju batik lainnya, Vemale punya rekomendasi aksesori batik yang cantik nih ladies. Aksesori ini bisa di mix match dengan style Anda sehari-hari untuk menambah nuansa colourful. Aksesori batik apa saja ya yang cantik dan fashionable?

Kehadiran aksesori membuat penampilan wanita masa kini semakin menarik. Seiring perkembangan tren fesyen, bentuk dan warna aksesori pun semakin beragam. Kita juga dapat berkreasi membuat aksesori dari kain batik, yang merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia.


Ada beragam pilihan motif kain batik yang dapat kita gunakan untuk berkreasi, seperti parang rusak, truntum, mega mendung, lereng, dan sidomulya. Berbagai motif batik ini dapat kita ‘sulap’ menjadi beragam aksesori menawan, mulai dari bando, gelang, ikat pinggang, kalung, sampai anting.

Proses Membuat Aksesoris Batik adalah proses yang membutuhkan tehnik, ketelitian, dan kesabaran yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh segala sesuatu proses pembuatannya dikerjakan manual dengan menggunakan tangan terampil manusia (ditulis) tanpa menggunakan mesin. Karena tehnis segala sesuatunya dilakukan secara manual maka harga batik tulis merupakan salah satu jenis batik yang termahal dari semua jenis batik yang ada di Indonesia. Apabila bahan kain yang digunakan adalah kain sutera, maka kain batik sutera tulis menjadi yang termahal dari seluruh kain batik yang ada di dunia.

jika Anda bersemangat dan senang berkreasi, maka puluhan aksesori pasti dapat selesai dalam satu hari. Buku ini memuat 44 kreasi aksesori dari kain batik, seperti Gelang Batik Besar, Bando Batik, Kalung Bola-bola Batik, Sirkam Rambut, Jepit Rambut, Bros Batik untuk Kerudung Kalung dan Bros Batik,

Kain batik, potong berbentuk lingkaran

1 buah manic besi studded bulat

Kain felt hitam

Benang

jarum

Lem tembak

Lipat kain batik yang sudah disiapkan menjadi dua, kemudian jahit bagian tepinya.

Tarik serut, bentuk kain hingga menyerupai kelopak bunga.

Buat sebanyak 10 buah.

Sobat rangkailah kelopak-kelopak tersebut menjadi bunga. Buat sebanyak 2 rangkaian.

Langkah selanjutnya yaitu tumpuk kedua rangkaian tersebut dengan posisi berselang-seling, lalu jahit.

asang manic besi studded bulat dengan lem tembak, lalu tutup dengan kain felt hitam agar rangkaian lebih rapi. Terahir, pasang peniti bros.


Cara Membuat Anyaman Batik



Cara Membuat Anyaman Batik

#Anyaman, #Batik, #Cara, #Membuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar