Rabu, 26 Agustus 2015

Grosir Batik Gaul Baju Batik Pria

Hubungi 0812 8110 6669 Batik Nulaba. Grosir Batik Gaul Baju Batik Pria.Toko naju batik yang unik dengan harga terjangkau.Mau?


Grosir Batik Gaul Baju Batik Pria


 Grosir Batik Gaul Baju Batik Pria.


Jogjakarta merupakan salah satu pusat perkembangan industri batik di Indonesia. Pernyataan ini didukung oleh sejumlah fakta dan sejarah yang cukup panjang tentang keberadaan batik di kota budaya tersebut. Perjalanan sejarah itu turut pula mempengaruhi motif batik khas Jogjakarta yang umumnya mencerminkan sikap ketegasan. Beberapa corak yang terkenal dari batik Jogjakarta yaitu Parang Kusumo, Kawung, Truntum, Tambal, dan Pamiluto. Jika ditelusuri lebih lanjut, seni membatik di tanah Jawa telah ada sejak ratusan tahun silam dan tidak bisa dipungkiri bahwa sejarah batik sangat berkaitan dengan Jogjakarta. Di masa lalu batik dikenakan sebagai identitas kasta, dimana mayoritas hanya dipakai oleh keluarga kerajaan dan para bangsawan. Seiring berjalannya waktu, batik terus meluas tidak hanya di lingkaran Jogjakarta melainkan hingga ke pelosok Jawa dan seluruh tanah Indonesia. Setiap daerah memiliki batik dengan kekhasan tersendiri, begitu pula dengan batik di Jogjakarta yang tetap mempertahankan keasliannya.


Beberapa ciri khas yang melekat pada batik dari Jogjakarta adalah dari segi warna dimana kebanyakan menggunakan warna putih, hitam, dan juga coklat. Ciri khas yang kedua yaitu proses pengerjaan batik biasanya menggunakan metode manual dan menghasilkan batik tulis. Ketiga, motifnya menggambarkan penampakan figur binatang atau manusia. Dan yang keempat, setiap corak batik Jogya pasti memiliki maksud serta kandungan filosofi yang berupa ajaran moral bagi manusia. Seperti yang ditampilkan dalam motif batik kawung yang menyimbolkan keperkasaan dan keadilan. Corak kawung memiliki pola bulat menyerupai buah kawung yang tertata rapi dalam susunan geometris. Berbeda lagi dengan makna filosofi dalam motif parang kusumo yang menganjurkan hidup semestinya berlandasan perjuangan untuk mencapai keharuman lahir batin. Makna dari keharuman atau kebaikan tingkah laku masnusia tersebut diibaratkan seperti halnya wewangi bunga kusuma.


Sementara itu corak batik truntum dari Jogjakarta menyampaikan pesan tentang simbol cinta yang tulus, tanpa syarat, dan semakin lama kian tumbuh atau disebut tumaruntum. Makna truntum yang sarat akan harapan inilah yang menjadikan motif tersebut umumnya dipakai orang tua pengantin pada acara pernikahan. Berikutnya adalah motif batik tambal yang memiliki unsur corak ceplok, meru, dan parang. Filosofi tinggi yang terkandung pada motif batik tambal yaitu nilai semangat yang harus dimiliki manusia dalam menjalani kehidupan. Ciri khas motif batik dari Jogjakarta yang selanjutnya terdapat pada corak pamiluto. Memiliki kata dasar “pulut” yang berarti perekat atau yang dalam bahasa Jawa dimaknai kepilut/ tertarik. Ragam motif batik Jogjakarta yang kaya dengan nilai keindahan sangat mudah ditemukan di kota budaya tersebut. Saat ini batik lebih bersifat universal dan dapat dikenakan oleh setiap orang tanpa mengenal susunan kasta yang kaku.



Grosir Batik Gaul Baju Batik Pria

#GaulBajuBatik, #GrosirBatik, #Pria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar