Selasa, 12 Mei 2015

Pusat Grosir Batik Batik Pekalongan Adalah

Hubungi 0812 8110 6669 Batik Nulaba. Pusat Grosir Batik Batik Pekalongan Adalah.Toko batik terlengkap,terpercaya dan berkualitas.Mau?


Pusat Grosir Batik Batik Pekalongan Adalah


 Pusat Grosir Batik Batik Pekalongan Adalah.




 Batik Pekalongan adalah batik yang di buat oleh masyarakat pesisir sekitar Pekalongan dan batik Pekalongan ini sudah terkenal hingga ke mancanegara karena ciri khas dan motifnya yang unik.Perang jawa (yang terjadi pada kerajaan Mataram saat kepemimpinan Panembahan Senopati), disebut juga Perang Diponegoro, yang terjadi antara tahun 1825-1830, disebut-sebut menjadi awal tonggak Sejarah Batik Pekalongan. Meski beberapa referensi menyebutkan bahwa teknik rintang warna (batik) di Pekalongan sudah ada sebelumnya, namun kami belum menemukan catatan sejarah yang pasti atas pendapat keduanya.Perang jawa ini ‘pecah’ sebab perlawanan kaum pribumi melawan kolonialisasi Belanda, serta perpecahan (perang saudara) di lingkungan keluarga kerajaan (keraton), telah menyebabkan beberapa keluarga bangsawan keraton melakukan eksodus (mengungsi) dan kemudian menetap di luar kerajaan.

Mengungsinya keluarga keraton ke luar tembok kerajaan ini disertai para abdi dalemnya, yang disertai juga turut sertanya budaya ‘amba’-‘nitik’ (batik) keluar istana. Konon, abdi dalem setia ini adalah orang-orang yang dipekerjakan oleh keluarga keraton untuk menghasilkan batik-batik yang dikenakan oleh keluarga bangsawan keraton.


Salah satu daerah yang menjadi tujuan eksodus keluarga bangsawan keraton dan kemudian menetap, ke arah barat diantaranya adalah Semarang, Pekalongan, Banyumas, Cirebon. Nah, di Pekalongan serta beberapa daerah inilah kemudian menjadi awal perkembangan batik. Ada yang menyebutkan menjadi penyempurna (pelengkap) tradisi batik yang telah ada sebelumnya.


Di Daerah Pekalongan sendiri, tumbuh beberapa sentra penghasil batik hingga bertahan sampai seperti saat ini, yang kemudian diikuti persebarannya ke wilayah lainnya. Diantaranya seperti di beberapa wilayah berikut: Buaran, Pekajangan dan Wonopringgo.






Pusat Grosir Batik Batik Pekalongan Adalah

#Batik, #PekalonganAdalah, #PusatGrosirBatik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar