Senin, 29 Juni 2015

Toko Batik Unggul Jaya Model Gaun Batik Elegan

Hubungi 0812 8110 6669 Batik Nulaba. Toko Batik Unggul Jaya Model Gaun Batik Elegan.Toko baju batik yang unik dengan model baju terbaru.Mau?


Toko Batik Unggul Jaya Model Gaun Batik Elegan


Toko Batik Unggul Jaya Model Gaun Batik Elegan.


Berikutnya batik tulis Jambi perlahan mulai dapat dinikmati masyarakat umum seiring mulai berakhirnya Kesultanan Jambi pada 1906. Keberadan batik ini juga dikenalkan penulis Belanda yaitu B.M. Goslings dalam artikel yang diterbitkan pada Oktober 1928. Goslings menyebutkan bahwa di Dusun Tengah, Jambi terdapat pengrajin batik yang menghasilkan kain bercorak batik indah.


Istimewanya lagi, batik tulis Jambi memiliki ciri khas yang unik dan eksotis. Baik dari segi warna maupun motifnya. Pembuatannya pun masih setia menggunakan perwarna bahan alami dari campuran berbagai jenis kayu dan tumbuhan. Biasanya adalah pewarna dari getah kayu lambato, buah kayu bulian, campuran biji pohon tinggi, daun nila, kemudian ada juga campuran dari daun pandan dan kayu sepang. Pewarna alami ini menghasilkan warna khas yang memesona dan berbeda dari pewarna kimia. Misalnya, kayu sepang menghasilkan warna kuning kemerahan, kayu ramelang menghasilkan warna merah kecokelatan, kayu lambato menghasilkan warna kuning, dan kayu nilo menghasilkan warna biru.


Batik tulis Jambi umumnya menggunakan bahan sutra dan katun. Proses pembuatannya terbilang lama karena setiap corak, tekstur dan motif menggunakan cotton buds bukan dengan canting seperti pembuatan batik tulis umumnya di Pulau Jawa. Ketika selesai dibatik, batik tulis Jambi tidak digantung melainkan dibentangkan di lantai. Pembuatannya memakan waktu hingga 2-3 bulan. Dan ini yang membuat batik Jambi menjadi eksklusif dengan harga yang terbilang mahal.


Motif batik tulis Jambi sendiri merepresentasikan simbol dari masyarakatnya yang ceria dan riang. Selain itu, motif-motif tersebut juga memiliki latar belakang filosofis masing-masing. Contohnya motif kapal sanggat yang tersangkut menggambarkan manusia yang kalau nggak berhati-hati saat bekerja maka akan terangkut masalah. Ada juga motif durian pecah yang menggambarkan kehidupan manusia bedasarkan dua hal penting yaitu iman dan ilmu pengetahuan. Atau juga ada motif angso duo dan batanghari yang menggambarkan Kota Jambi dilewati Sungai Batanghari dan dua ekor angsa milik sultan pertama Jambi. Ada pula motif-motif lainnya, yaitu: nanas, durian pecah, melati, kaca piring, puncung rebung, bulan sabit, pauh (mangga), antlas, awan bararak, riang-riang, kupu-kupu, kembang duren, cendawan, serta ayam.



Toko Batik Unggul Jaya Model Gaun Batik Elegan

#Elegan, #TokoBatik, #UnggulJayaModelGaunBatik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar